Thursday, 3 October 2019

Lima bahan alami pengganti MSG kunci masakan umami

Anda penguna setia MSG setiap memasak? Mulai sekarang anda boleh merdeka dari MSG setelah membaca artikel ini. MSG atau  Monosodium glutamat merupakan zat aditif yang digunakan untuk mengikat rasa agar cita rasa masakan menjadi umami. Umami adalah rasa kelima selain manis, asin, pahit, asam. Perpaduan gula dan garam adalah rumusan lazim untuk membuat gurih masakan, tetapi tidak se gurih dengan menggunakan penyedap rasa.  Umami atau glutamat ternyata juga terkandung pada bahan alami sekitar kita yang mudah didapat.

Dalam artikel ini, saya akan mengulas bahan alami yang dapat digunakan sebagai pengganti MSG. Tentu rasa umami begitu penting, itulah mengapa begitu banyak merek penyedap rasa, sebut saja masako, royco, sasa, ajinomoto, miwon. Selain itu, MSG juga terkandung dalam snack dan makanan cepat saji seperti mie instant.

Mengkonsumsi MSG yang berlebihan dalam jangka panjang dapat berdampak tidak baik untuk kesehatan. Gangguan kesehatan akibat mengkonsumsi MSG yang berlebihan dalam jangka panjang diantaranya nyeri kepala, mual, sakit pada dada, kulit tidak elastis, lemas, dan keringat sekujur tubuh. Oleh karena itu, kita dapat mengganti MSG dengan bahan alami yang bisa menjadi alternatif dan tentunya lebih sehat. Bahan alami apa sajakah itu?

    1. Ebi atau udang kering

Sebetulnya semua bagian dari udang basah bisa menghasilkan rasa gurih alami termasuk kulit dan kepala udang, namun tentu tidak se awet udang kering saat disimpan. Rasa ebi lebih umami dibanding udang rebon, walaupun banyak masyarakat yang menggunakan udang rebon untuk penyedap masakan. Hal itu karena kuantitas daging udang pada ebi lebih banyak dari rebon. Maka dari itu dalam artikel ini saya lebih terfokus untuk mengulas ebi. 

Ebi merupakan udang kupas yang dikeringkan hingga hanya 0% kadar air yang terkadung. Penggunaan ebi dalam masakan sangatlah mudah. Pertama, rendam ebi dengan air hangat agar tekstur melunak. Kedua, haluskan ebi bersama bumbu halus atau terpisah juga bisa. ketiga, tumis ebi halus bersama bumbu. Pada umumnya ebi halus digunakan untuk masakan berupa tumisan dengan sedikit kuah. 

    2. Kulit ayam

Semua daging ayam atau pun sapi juga bisa membuat rasa umami pada masakan tanpa penyedap rasa. Nah, diantara itu semua ada bagian yang paling membuat masakan gurih. Apa lagi kalau bukan kulit ayam. Banyak yang menyia-nyiakan kulit ayam karena diduga menyebabkan kolesterol. Betul memang. Kandungan lemak pada kulit ayam turut menjadi penyumbang kolesterol tertinggi. Tak ada salahnya juga untuk mencoba atau sekedar tahu bahwa kulit ayam merupakan penyedap alami yang murah dan mudah didapat. 

Tentu penyedap dari kulit ayam dikhususkan bagi mereka yang tidak mengidap kolesterol. Cara penggunaannya cukup mudah. Pertama, bersihkan kulit ayam. Kedua, tumis kulit ayam bersama bumbu atau bawang putih hingga tercium harum. Penyedap kulit ayam cocok untuk masakan berkuah. Citarasa masakan akan umami seketika. 

    3. Jamur 

Jamur merupakan makanan alternatif pengganti daging yang memiliki rasa umami alami. Tekstur jamur memang menyerupai daging. Kandungan proteinnya pun cukup tinggi walaupun tak sebanding dengan kandungan protein daging. Bagi kaum vegan, jamur menggantikan peran daging dalam menu mereka. Adapun beberapa jenis jamur yang lazimnya dikonsumsi seperti jamur tiram, jamur kancing, jamur enoki, jamur kuping, dan jamur sitake. Sebaiknya sebelum dikonsumsi rendam jamur dalam air hangat terlebih dahulu untuk menghilangkan bau khas jamur. Melalui proses perendaman kadar air pada jamur akan berkurang setelah diperas secara lembut.

    4. Kaldu

Hampir semua orang tahu bahwa kaldu dapat membuat masakan lebih umami. Hal itu dikarenakan sari pati daging yang memang mengandung glutamat. Lalu kaldu apa sajakah yang biasa digunakan sebagai pengganti MSG? 

  • Kaldu sapi
Kaldu sapi berasal dari perebusan bagian tulang sapi seperti sengkel, iga, maupun buntut. Cara membuat kaldu sapi sangatlah mudah. Sediakan dua liter air, 200 gram sengkel sapi, bawang bombay secukupnya, daun bawang secukupnya, lobak putih secukupnya lalu rebus dengan api sedang cenderung kecil selama tiga puluh menit. Lobak putih berperan untuk mengikat rasa umami agar semakin kuat. Sedangkan bawang bombay dan daun bawang untuk aroma kaldu yang lebih sedap.
  • Kaldu ayam
Bagian pada ayam yang digunakan untuk membuat kaldu adalah bagian tulang seperti sayap, ceker, dan kepala. Kaldu ayam biasanya digunakan untuk masakan berkuah seperti cap cay kuah, sop, soto, ataupun sapo tahu. Cara membuatnya mudah. Siapkan dua liter air, 200 gram ayam bagian tulang, daun salam. Rebus semua bahan bersamaan dengan api sedang cenderung kecil selama dua puluh menit. 
  • Kaldu udang
Tentu semua tahu bahwa udang mengandung glutamat yang cukup tinggi termasuk bagian kulit dan kepalanya. Bagian kulit dan kepalanya jugalah yang digunakan sebagai bahan pembuatan kaldu udang. Bagaimana cara membuatnya? Mudah saja. Siapkan satu setengah liter air, 150 gram kulit dan kepala udang, daun salam, dan jahe. Peran jahe dalam pembuatan kaldu untuk menghilangkan bau amis khas seafood yang mencolok. Untuk membuat kaldu, rebus bersamaan dengan api sedang selama lima belas menit. 

    5. Tomat

Siapa bilang kandungan glutamat hanya ada pada seafood dan daging saja. Ternyata tomat mengandung glutamat 246 mg/ 100 gram. semakin merah warna tomat, maka semakin tinggi kandungan glutamat. Dengan cukup mencampurkan tomat sebagai bumbu masakan, masakan akan terasa lebih umami. Wah, kini untuk membuat masakan terasa umami tak perlu mengeluarkan kocek dalam untuk membeli protein hewani. Hal ini juga menjadi kabar bagus bagi kaum vegan.

Nah, bagaimana? Apa berkeinginan untuk menggunakan bahan tersebut dalam masakan? Hidup sehat itu pilihan memang. Semoga artikel singkat ini bermanfaat.

Artikel Terkait

Lima bahan alami pengganti MSG kunci masakan umami
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email