Thursday, 24 October 2019

Resep kudapan kekinian: setup roti coklat lumer


Hai... hai... kali ini pertama kalinya saya meresepkan kudapan lho. Ide ini berawal dari anak saya yang suka cemilan serba coklat. Favoritnya sih chocolate silky pudding. Tapi sesekali boleh lah ya bikin kudapan yang beda. Kebetulan anak saya lagi tumbuh gigi jadi ogah makan nasi. Nah lumayan kan kalau makan setup roti coklat ada karbo dari rotinya.

Cemilan ini lagi hits banget kalau di kotaku, Cilacap. Di kota kalian hits juga gak? Banyak banget pedagang kuliner online maupun offline siap terima orderan dengan kemudahan drop order atau cash on delivery. Tapi kok rasanya lebih seru kalau bikin sendiri ya, selain lebih hemat juga kuantitas kudapan lebih banyak. Jadi lebih puas makannya.

Resep ini juga bisa jadi peluang usaha lho. Bahan yang digunakan tidak sulit didapat. Harga bahannya juga terjangkau. Dan yang tak kalah penting proses pembuatannya anti ribet. Kalau dihitung-hitung bisa untung deh tanpa banyak mengeluarkan tenaga ekstra. Tentu lebih efisien juga.

Lewat trial and error, saya jadi tahu kalau rahasia lumer si setup roti coklat ini dari komposisi maizenanya. Gak boleh kebanyakan juga gak boleh terlalu sedikit. Maizena berperan penting dalam proses pengentalan vla coklat. Perlu diingat bahwa pantang membubuhkan maizena secara langsung karena bisa membuat vla menggumpal. Larutkan dulu maizena dalam takaran air yang pas, baru bisa dicampur kedalam vla. Langkah selanjutnya gimana? Yuk cermati resepnya dibawah ini.

Bahan:
1.000 ml susu uht coklat
5 sdm coklat bubuk
3 sdm skm coklat
10 lembar roti tawar 
gula sesuai selera (opsional)
keju parut secukupnya
2 sdm maizena
50 ml air

Cara membuat:
  1. Potong-potong roti tawar sesuai wadah yang digunakan.
  2. Didihkan susu uht, susu skm, bubuk coklat. Aduk-aduk. larutkan maizena dalam 50 ml air. Tuang kedalam vla sembari diaduk supaya tidak menggumpal.
  3. Setelah adonan mengental, angkat.
  4. Tuang vla kedalam wadah, susun dua lembar roti tawar diatasnya. Tuang kembali vla hingga menutup roti. 
  5. Tutup permukaan dengan taburan keju parut.
Setup roti coklat lebih enak disantap saat dingin, oleh karena itu diamkan setup roti coklat didalam lemari pendingin beberapa saat. Nah, setup roti coklat siap disantap kapan saja. Semoga resepnya bermanfaat ya, selamat mencoba.


Artikel Terkait

Resep kudapan kekinian: setup roti coklat lumer
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

2 comments

26 October 2019 at 05:58 delete

Waahh, kelihatannya enak banget nih. Bahan yang dibutuhkan juga mudah di dapat. Jadi pingiinn 😍 makasih resepnya mbak

Reply
avatar
26 October 2019 at 06:25 delete

Hihiii iya mbak bahannya emang mudah didapat, praktis juga... Semoga bermanfaat ya mbk...

Reply
avatar