Thursday, 17 October 2019

Resep Sop Rempah Perontok Lemak Praktis


Ada yang lagi diet? Tos dulu yuk. Ada banyak jenis diet, sebut saja diet ketofastosis, diet mayo, diet ketogenik, diet mayo, diet OCD, diet food combaining, diet DEBM. Saya sendiri tidak diantara diet tersebut. Saya menganut diet dr.Zaidul Akbar. Ya, diet tanpa nasi, gula pasir, tepung dan minyak. 

Sebetulnya diet apapun yang dijalani pasti akan memusingkan menu harian. Dalam artikel ini, saya ingin memberikan salah satu alternatif menu harian yang mungkin bisa jadi inspirasi pembaca sekalian. Sop rempah perontok lemak namanya. Wow, bisa merontokan lemak? Bisa asal tidak dimakan dengan nasi.

Bahan yang digunakan sangat mudah didapat. Dalam resep juga tidak menggunakan gula pasir dan msg namun rasa tetap umami. Bahan gula diganti jagung manis begitupun untuk bahan msg. Mungkin bagi yang sudah membaca artikel saya sebelumnya "Lima bahan alami pengganti MSG kunci masakan umami", pembaca akan tahu bahan saya menggunakan tiga bahan kunci masakan umami. Bagaimana cara memasaknya? Apa saja bahannya? Mari simak resep dibawah ini.

Bahan:
Sebungkus jamur enoki (boleh pakai jamur tiram)
sebatang wortel
setengah bongkol brokoli ukuran sedang
setengah buah tomat
segenggam jagung manis pipil
3 butir kapulaga
2 butir cengkeh
sebatang kayu manis
sejempol jahe
garam (boleh pakai garam himalaya)
500 ml air kaldu ayam
minyak untuk menumis

Cara memasak:


  1. Bersihkan semua bahan. Potong-potong sayuran.
  2. Siapkan bumbu. Tumis dengan sedikit minyak hingga harum.
  3. Tuang kaldu. Buang minyak dan lemak. Masukan bahan dari yang paling keras secara bertahap. Mulai dari wortel, jagung, jamur, brokoli, tomat.
  4. Bubuhi garam. koreksi rasa. Pastikan semua bahan matang. Angkat, sajikan.

catatan: Bila kurang suka dengan aroma rempahnya, bisa kurangi jumlah bumbu. Masukkan bahan bertahan dengan jeda waktu dilihat dari warna bahan yang mulai berubah.

Semoga resepnya bermanfaat dan selamat mencoba.

Artikel Terkait

Resep Sop Rempah Perontok Lemak Praktis
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email