Friday, 15 November 2019

Bolu kukus dari labu kuning kaya manfaat, ini dia resepnya!


Hi... pembaca setia. Dua pekan lalu dunia jagat maya dihebohkan dengan serba-serbi halloween tapi saya tidak akan membahas seputar halloween ya. Kali ini saya akan mengulik manfaat dari buah icon halloween, yup... labu kuning! Di Indonesia sendiri, khususnya di daerah saya, buah labu kuning sangat melimpah sehingga harganya sangatlah terjangkau. Berdasarkan Thibbun Nabawi, labu merupakan salah satu makanan kesukaan Rosululloh. Beliau kerap menyantapnya dengan berbagai macam olahan dan yang terpenting labu bisa mengobati kesedihan. Nah lho buat kamu yang lagi dirundung kesedihan, gak ada salahnya coba konsumsi labu kuning.
Selain itu labu kuning juga punya segudang manfaat lain jika ditinjau dari segi kesehatan. Labu kuning digadang-gadang mampu menurunkan berat badan karena kandungan serat yang tinggi sehingga dapat membuat kenyang lebih lama. Kalorinya pun rendah, cocok untuk kamu yang sedang diet. Ternyata, mengkonsumsi secangkir labu kuning dapat memenuhi kebutuhan vitamin A hingga lebih dari seratus persen. Kandungan vitamin A yang tinggi tentu mampu menyehatkan mata dan menajamkan penglihatan. Wah, bisa jadi alternatif pengganti wortel ya.
Yang tak kalah penting, labu kuning dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan kandungan vitamin A yang tinggi, labu kuning bermanfaat melawan infeksi virus dan penyakit menular. Tak hanya vitamin A, labu kuning juga kaya akan vitamin C dengan kandungan hingga dua puluh persen dari jumlah vitamin C harian. Tentu dengan kandungan vitamin C tinggi, kamu bisa terhindar dari flu, batuk, pilek. Tak hanya itu, labu kuning juga baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi karena kandungan kalsium didalamnya.
Dengan serentetan manfaat yang sudah saya jabarkan, sekarang saya akan membahas olahan labu kuning. Mungkin kita akan bosan dengan olahan labu kukus ataupun kolak labu kuning. Nah, bolu kukus bisa jadi pilihan olahan labu kuning kekinian dan yang jelas disukai anak-anak juga. Musim hujan seperti sekarang ini cocoknya minum teh hangat ditemani kudapan manis nan empuk, apalagi kalau bukan bolu kukus labu kuning. Bagaimana sih cara mengolahnya? Mari simak resep dibawah ini.

Bahan:

200 gr labu kuning
7 sdm gula pasir
4 butir telur
12 sdm tepung terigu (segi tiga biru)
125 ml susu UHT
1/2 sdt sp
1 sdt baking powder
1 sdt vanili
7 sdm margarin cair
 Cara membuat:

  1. Cuci bersih labu kuning, kukus. lumatkan hingga halus dengan garpu.
  2. Ayak tepung terigu, sisihkan.
  3. Kocok telur, sp hingga tercampur dengan mixer. masukan gula pasir, kocok kembali hingga 10 menit dan terlihat berbusa.
  4. Masukan tepung terigu, baking powder, vanila, dan susu. Kocok hingga rata.
  5. Masukan labu, kocok rata.
  6. Tambahkan margarin cair, kocok kembali.
  7. Olesi loyang dengan margarin dan tepung terigu secara merata. Tuang adonan.
  8. Kukus hingga matang. Angkat dan sajikan. (Boleh beri topping sesuai selera)

Usahakan menggunakan telur ayam dalam susu ruang agar bolu tidak bantat. Bolu bantat juga bisa terjadi pada saat mengocok telur dan gula terlalu sebentar, jadi pastikan harus lebih dari sepuluh menit dan sudah berbusa. Untuk mengecek bolu sudah matang atau belum bisa menggunakan lidi panjang yang tusukkan, bila lidi kalis berarti sudah bisa diangkat. Bagaimana? mudah bukan? Semoga bermanfaat, selamat mencoba.


Artikel Terkait

Bolu kukus dari labu kuning kaya manfaat, ini dia resepnya!
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email