Saturday, 2 November 2019

Resep simpel: pepes tahu jamur kemangi kaya protein


Hai pembaca setia, maaf ya launching artikel sekaligus resepnya telat sehari. Awalnya sempat bingung juga, resep mana yang mau dipublikasikan. Saya jadi ingat pepes jamur tahu kemangi yang buatnya super simpel. Selain simpel pepes ini juga kaya protein. Bayangkan, protein yang didapat dari tiga bahan yaitu jamur, tahu, dan telur.
FYI, kadar protein jamur tiram berkisar 20-40% berat kering sehingga lebih baik apabila dibandingkan dengan sumber protein lain seperti kedelai atau kacang-kacangan. Untuk tahu, setiap 100 gram tahu terkandung 10,9  gram protein. Sedangkan telur dalam sebutir telur menggandung sekitar 6,3 gram protein.
Nah selain kaya protein, pepes tahu ini juga enak lho. Dengan catatan takaran bumbunya pas. Semua bahan dalam resep termasuk mudah didapat. Harganya juga ekonomis. Buat yang sedang tanggal tua tapi ingin makan santapan kaya protein, sedap dan ekonomis, pepes tahu jamur jawabannya. Lantas bagaimana cara membuatnya? Simpel kah? Silahkan baca resepnya dengan seksama.
Bahan:
400 gram jamur tiram
sebungkus tahu putih
2 butir telur
5 siung bawang merah
4 siung bawang putih
garam secukupnya
gula secukupnya
kaldu bubuk (knorr)
dua butir tomat
dua ikat kemangi
tujuh lembar daun salam
15 buah cabe rawit
4 batang sereh
7 lembar daun pisang
lidi secukupnya
Cara membuat:
  1. Suwir-suwir jamur, cuci bersih, peras dengan lembut.
  2. Haluskan bawang merah dan bawang putih.
  3. Siangi kemangi lalu cuci bersih.
  4. Haluskan tahu putih, campur bumbu halus hingga merata, campurkan jamur tiram, kemangi dan dua butir telur. Beri gula, garam dan kaldu bubuk. Koreksi rasa.
  5. Potong tomat menjadi enam bagian, iris serong cabe rawit, potong sereh sepanjang 3 cm.
  6. Bersihkan daun pisang yang sudah dijemur atau dipanaskan diatas kompor hingga layu.
  7. Letakkan daun salam diatas daun pisang, jangan terlalu tepi beri sisa untuk melipat satu lipatan. Beri dua sampai tiga sendok adonan pepes. Tambahkan cabe rawit, sereh, dan tomat. 
  8. Tutup dengan tepi daun sebelah kanan, bungkus dengan menutup dari kiri ke kanan sisa daun pisang yang belum terlipat. Sematkan lidi tiap ujung.
  9. Kukus kurang lebih 15 menit. Angkat. Sajikan selagi hangat.
Resep ini kurang lebih untuk tujuh buah pepes tahu. Agar pepes tidak lembek, peras jamur hingga tidak berair. Cara membungkus dapat dikreasikan dengan bentuk yang lain, tergantung selera. Nah, simpel bukan? Selamat mencoba ya, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Resep simpel: pepes tahu jamur kemangi kaya protein
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

14 comments

8 November 2019 at 18:32 delete

Emmm enaakk.... Pepes tahu kesukaanku πŸ˜‹

Reply
avatar
8 November 2019 at 18:45 delete

Pepes tahu makanan favorit aku, tp aku blm pernah makan pepes tahu pake daun kemangi. mo nyoba juga jadi nya, makasih resep nya

Reply
avatar
9 November 2019 at 16:45 delete

aku suka banget pepes.. tapi dulu biasa makan masakan mommy aja.. belum pernah buat sendiri.. makasih sudah bagi resepnya mbak..

Reply
avatar
10 November 2019 at 22:05 delete

Pepes jamur kesukaan suami nih, ijin nyontek resepnya ya mba 😁

Reply
avatar
11 November 2019 at 22:58 delete

Cucok mak... Yukkk bikin...

Reply
avatar
11 November 2019 at 23:01 delete

Silahkan dicoba mak... Ini kreasi ala² biar tambah nikmat...

Reply
avatar
11 November 2019 at 23:03 delete

Silahkan mak... Dengan senang hati

Reply
avatar
11 November 2019 at 23:03 delete

Coba bikin sendiri mak siapa tau jadi favorit keluarga...

Reply
avatar
12 November 2019 at 04:26 delete

Jamuur. Kesukaanku. Sudah hampir 6 th gak makan pepes😭😭😭😭

Reply
avatar
13 November 2019 at 05:20 delete

Ayo mak bikin... Bahannya mudah didapat kok...

Reply
avatar