Thursday, 5 December 2019

Ayam woku, olahan ayam nikmat yang patut dicoba!


Hai... pembaca setia. Maaf ya minggu kemarin gak launching artikel plus resep, kebetulan saya ketiduran terus. Niatnya nemenin anak tidur siang eh jadi ikutan tidur juga he...he...he. Ada sering ngalamin juga? Emak-emak pasti tahu rasanya.

Well, kali ini saya akan menuliskan resep ayam woku. Hayo tahu gak ayam woku ini masakan khas daerah mana? Yang sambil baca ini jawab Manado, seratus deh buat kamu. Saya sendiri tidak punya darah Manado tapi memang suka masakan pedas. Buat pecinta pedas, ayam woku bisa jadi pilihan tepat.

Makanan pedas efektif menambah nafsu makan. Tak hanya itu ternyata makanan pedas juga punya manfaat lain diantaranya, menyehatkan jantung, menurunkan berat badan, memperlancar peredaran darah. Cocok nih buat yang lagi diet.

Bukan hanya pedas, ayam woku ini punya aroma khas yang bisa bikin auto lapar. Penggunaan rempah daun yang variatif untuk bumbu membuat aromanya kuat. Rempah daun yang digunakan termasuk mudah didapat. Jadi tak perlu khawatir ribet deh. Resep ini juga praktis, tidak memakan banyak waktu dalam proses memasak.

Sebetulnya tak hanya ayam yang bisa dimasak woku tapi juga ikan nila ataupun ikan mas. Tetapi saya memilih meresepkan ayam karena hampir semua orang suka ayam. Kandungan proteinnya juga tinggi. Nah, penasaran resepnya? Silahkan baca dengan seksama resepnya dibawah ini.

Bahan:
1/2 kg ayam
3 genggam kemangi
Sebatang daun bawang
3 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
2 batang sereh
2 lembar daun salam
1 buah jeruk nipis
Garam
Gula
Kaldu bubuk
Minyak
Air

Bumbu halus:
4 siung bawang merah
3 siung bawang putih
Seruas lengkuas
Seruas kunyit
Seruas jahe
Sebutir kemiri
5 buah cabe rawit
4 buah cabe merah

Cara membuat:
  1. Bersihkan ayam yang sudah dipotong-potong. Lumuri perasan jeruk nipis dan garam. Diamkan 15 menit. Goreng ayam hingga kekuningan.
  2. Haluskan semua bahan untuk bumbu halus.
  3. Siapkan semua bumbu, cuci bersih. Siangi kemangi. Potong serong daun bawang. (salam, kemangi, daun jeruk, sereh, pandan)
  4. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukan salam, daun jeruk, sereh, pandan. Tumis hingga aroma tercium. Tambahkan sedikit air.
  5. Tambahkan ayam goreng. Aduk merata. Bubuhi garam, gula, penyedap rasa. Aduk merata.
  6. Koreksi rasa. Biarkan bumbu meresap. Masukan kemangi dan daun bawang. Aduk merata hingga kemangi dan daun bawang layu. Angkat. Sajikan.
Jika menghaluskan bumbu dengan blender sebaiknya gunakan minyak goreng tanpa air agar aroma bumbu saat ditumis lebih kuat. Bisa juga ditambah jumlah cabai, sesuai selera. Penambahan air tak perlu sampai merendam ayam karena hasil akhir cenderung nyemek. Selamat mencoba ya. Semoga bermanfaat.



Artikel Terkait

Ayam woku, olahan ayam nikmat yang patut dicoba!
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email