Friday, 27 December 2019

Cumi-cumi tinta hitam ala resto, ternyata bikinnya simpel!

Hai pembaca setia. Maaf ya launching artikel plus resepnya molor. Maklum lagi liburan anak sekolah gini bawaan pingin rebahan santai. Udah piknik kemana saja? Saya sih yang dekat-dekat saja. Berhubung rumah saya gak jauh dari pantai ya mantai saja.

Ngomong-ngomong soal pantai, pasti jadi ingat seafood. Seafood favoritmu apa? Saya sih kalau gak udang ya cumi-cumi. Di blog saya sering kan nulis artikel plus resep olahan udang dan cumi-cumi. Kali ini juga masih olahan cumi-cumi! Yup cumi-cumi tinta hitam.

Gak semua resto punya menu cumi-cumi tinta hitam, sayang banget ya. Tenang, saya akan bagi resepnya jadi bisa masak sendiri di rumah. Sebelum saya bocorkan resepnya, penting buat kita untuk tahu manfaat dan kandungan cumi-cumi itu sendiri. Jadi gak cuma enak tapi juga ada manfaatnya bagi tubuh.

FYI, ternyata tinta cumi-cumi punya kandungan zat khusus yang istimewa. Zat tersebut mampu mengaktifkan sel darah putih yang baik untuk memerangi kuman dalam tubuh. Jadi tinta cumi-cumi baik untuk penyembuhan luka, terutama luka bekas oprasi. Wah keren ya.

Selain itu cumi-cumi sendiri punya kandungan protein tinggi yang baik untuk perkembangan otak. Eits, tapi jangan mengkonsumsi cumi-cumi berlebihan ya karena dapat meningkatkan kadar kolesterol. Well, masih penasaran sama resepnya gak nih? Oke, saya bocorin ya resepnya. Dijamin simpel. Yuk baca dengan seksama.

Bahan:
500 gram cumi-cumi
2 genggam kemangi
13 buah cabai rawit
3 siung bawang putih
5 siung bawang merah
1 batang sereh
1 ruas lengkuas
1 std kecap manis
1 sdm saus tiram
Tinta cumi-cumi secukupnya
Gula
Garam
Kaldu bubuk
Minyak

Cara memasak:


  1. Bersihkan cumi-cumi. Kuliti dan pisahkan tintanya. Potong bentuk cincin. Siram air panas. Tiriskan.
  2. Iris bawang merah dan putih. Sayat cabe rawit. Siangi kemangi. Geprek serwh. Iris lengkuas.
  3. Tumis bawang merah, bawang putih, sereh, lengkuas hingga harum. Masukan tinta, kecap manis, saus tiram. Aduk merata. Masukan cumi-cumi. Tambahkan gula, garam, kaldu bubuk. Aduk merata. Koreksi rasa. Angkat. Sajikan.
Cumi-cumi memiliki kandungan air yang tinggi jadi kalau dimasukan langsung, masakan akan berkuah sekali. Maka perlu disiasati dengan direndam air panas atau air mendidih untuk menghilangkan kadar air cumi-cumi. Prosesnya singkat saja agar cumi-cumi tidak alot. Jumlah cabai bisa ditambah maupun dikurangi sesuai selera. Simpel bukan? Selamat mencoba, semoga bermanfaat.


Artikel Terkait

Cumi-cumi tinta hitam ala resto, ternyata bikinnya simpel!
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email